1. Awan biru muda melambangkan tujuan tertinggi, Tridharma perguruan tinggi, berupa Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian. Berkarakter “ing ngarsa sung tuladha”, di depan memberikan contoh.
    Warna biru muda melambangkan semangat jiwa muda untuk senantiasa mendidik dan menginspirasi semua orang untuk berbuat baik.
  2. Warna ombak biru laut melambangkan gelombang ide yang terus berjalan. Seperti asa Ki Hajar Dewantara “ing madya mangun karsa”, di tengah memberikan niat dan semangat untuk menjalankan kultur tridharma perguruan tinggi poin kedua, yaitu Penelitian sebagai bentuk pengembangan pengetahuan.
  3. Warna ombak biru tua melambangkan gelombang yang paling bawah, seperti asa “tut wuri handayani”, di bawah memberikan dorongan. Harapannya, dari penelitian dan pengetahuan dapat berdampak ke arah positif pada suatu lingkungan atau masyarakat. Hal ini selaras dengan poin ketiga tridharma perguruan tinggi, yaitu Pengabdian kepada masyarakat.
  4. Cendekia langit biru muda melambangkan identitas komunitas. Para cendekiawan muda dengan harapan mampu memberi manfaat sesuai bidangnya dengan cita-cita setinggi langit.
  5. Slogan Cendekia Langit ialah “Kolaborasi Inspiratif Membangun Negeri”.